Pencarian

Sabtu, 21 Januari 2017

Nasehat tentang Musik

Tidak pernah kepikiran bakal nulis yang seperti ini mengingat dulu bagaimana gilanya musik itu merasuki hati ini.
Dahulu kita hina,  menyukai pekerjaan hina,  menghinakan diri dengan bangga dan mencintai orang2 yang melakukan pekerjaan hina, Segala puji bagi allah yang telah memuliakan kita dengan Al Quran.
Teringat perkataan para ulama mengatakan, “Nyanyian itu akan merusak hati dan akan mendatangkan kemurkaan Allah.”
Ibnu Mas’ud mengatakan, “Nyanyian menumbuhkan kemunafikan dalam hati sebagaimana air menumbuhkan sayuran.”
Yazid bin Al Walid mengatakan, “Wahai anakku, hati-hatilah kalian dari mendengar nyanyian karena nyanyian itu hanya akan mengobarkan hawa nafsu, menurunkan harga diri, bahkan nyanyian itu bisa menggantikan minuman keras yang bisa membuatmu mabuk kepayang.Ketahuilah, nyanyian itu adalah pendorong seseorang untuk berbuat zina.”

Ibnul Qayyim berkata, “Sungguh nyanyian dapat memalingkan hati seseorang dari memahami, merenungkan dan mengamalkan isi Al Qur’an. Ingatlah, Al Qur’an dan nyanyian selamanya tidaklah mungkin bersatu dalam satu hati karena keduanya itu saling bertolak belakang. Al Quran melarang kita untuk mengikuti hawa nafsu, Al Qur’an memerintahkan kita untuk menjaga kehormatan diri dan menjauhi berbagai bentuk syahwat yang menggoda jiwa. Al Qur’an memerintahkan untuk menjauhi sebab-sebab seseorang melenceng dari kebenaran dan melarang mengikuti langkah-langkah setan. Sedangkan nyanyian memerintahkan pada hal-hal yang kontra (berlawanan) dengan hal-hal tadi.”

"Tidak akan bersatu selamanya didalam satu hati yaitu nyanyian dan Al Quran."
--------------------------------------------------------------------------
" Ketika kita mengatakan, mendengarkan musik itu menenangkan, memberi kenikmatan bahkan ada yang sampai berderai airmata karena hanyut dengan lantunannya, maka tanyakanlah pada diri ini, Pernahkah kita merasakan kenikmatan atau ketenangan tersebut ketika mendengarkan ayat-ayat Allah Sang Pemilik Jiwa Ini dibacakan ??? Pernahkan kita berderai airmata dengan penuh khusyu ketika melantunkan ayat-ayat Allah yang memiliki segala yang ada di langit dan di bumi ???
Bacalah al-Qur’an setiap hari 1 juz.
Kalau tidak mampu, bacalah separuh juz.
Kalau tak mampu, bacalah sekedar sehelai atau satu muka surat.
Kalau tak mampu, berusahalah dengan satu ayat.
Kalau tak mampu juga, cukuplah hanya dengan memandang Al-Quran dan tanyalah kepada diri sendiri "Ya Allah, apakah dosaku sehingga aku tidak dapat membaca ayat Mu?"
Astagfirullah ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar