Pencarian

Senin, 26 Januari 2015

Apa jawabku pada tuhanku nanti

APA JAWABKU PADA TUHANKU NANTI

Syaikh Sa'ad Ad Daud mengisahkan:

"Suatu ketika Syaikh bin Baz datang dari Thaif ke Riyadh, kami menjemputnya di bandara pada hari kamis. Dari bandara kami langsung membawanya ke masjid jami' untuk memberikan pelajaran dan menjawab pertanyaan - pertanyaan yang masuk diakhir acara.

Saat keluar dari masjid syaikh mengeluarkan secarik kertas dari kantong bajunya. Syaikh Saad mengatakan, "Aku membaca isi tulisan di dalam kertas tersebut padanya. Rupanya kertas itu berisi undangan untuk menghadiri resepsi pernikahan, sementara gedung tempat pelaksanaan resepsi sangat jauh. Aku mengatakan kepada syaikh, "wahai syaikh...! Anda sangat capek dan butuh istirahat, alangkah baiknya anda membatalkan rencana tersebut". Syaikh kemudian bertanya kepada pengawalnya, adakah di antara kalian yang tahu dimana alamat gedung tersebut.? Syaikh Saad mengatakan, "aku sangat senang beliau tidak bertanya padaku, karena aku tau tempat pelaksanaan resepsi tersebut". Para pengawal menjawab, "Kami tidak tahu wahai syaikh"
Syaikh melanjutkan, "Wahai Saad..! Kamu tau dimana gedung itu.? Aku menjawab, "Iya". Tapi wahai syaikh, anda baru saja tiba dari perjalanan, anda butuh istirahat". Namun syaikh menimpali, "Apa jawabku pada Tuhanku nanti..? Sementara nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa yang diundang untuk sebuah resepsi atau yang semisalnya, maka hendaklah dia memenuhi undangan tersebut. Ayo.. istain billah... bersiap-siaplah pergi.
Syaikhpun pergi memenuhi undangan tersebut."

Catatan:

1. Hadits yang dimaksud Syaikh adalah sabda nabi yang berbunyi:

مَنْ دُعِيَ إِلَى عُرْسٍ أَوْ نَحْوِهِ فَلْيُجِبْ

Barangsiapa yg diundang ke pesta pernikahan atau semisalnya, hendaknya ia mendatanginya. (HR. Muslim No.2579)

2. Undangan yang wajib dihadiri adalah undangan resepsi pernikahan yang jauh dari pelanggaran syar'i seperti ikhtilath (campur baur antara laki-laki dan wanita).

__________________
Madinah 05/04 1436 H
ACT El-Gharantaly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar