Pencarian

Minggu, 11 Oktober 2009

Driver USB wireless TL-WN321G di linux

Sebenarnya permasalahan driver usb wireless ini sudah cukup lama saya alami namun belum sempat di posting.
Berhubung lagi on internet, saya posting ajah, mana tau ada yang mengalami kesulitan yang sama seperti saya.

Saya memakai linux ubuntu jaunty 9.04, dan menggunakan usb wireless merk TP-LINK TL-WN321G.
USB wireless ini sebenarnya auto detect di linux, arti nya driver wireless yang menggunakan chipset ralink rt73 ini sudah tersedia di linux ubuntu. namun permasalahannya ketika saya melakukan koneksi point to point(peer to peer) di jaringan AdHoc, driver rt73 bawaan linux menimbulkan masalah, yaitu signal yang didapat nya sangat lemah malah kadang2 hilang. ketika saya melakukan koneksi melalui network manager signal nya menghilang walaupun koneksinya sukses, proses ping ke gateway nggak masalah, artinya reply berserta ttl nya masih bagus, hanya ketika menggunakan browser terasa sangat lambat.

Akhirnya saya mencoba menggunakan ndiswrapper dan mengInstall driver for windows untuk si nux, dan alhasil koneksi saya stabil, baik melalui browser, terminal ataupun synaptic packaged manager.
Hanya saja, untuk koneksi Infrastucture, signal yang dihasilkan oleh driver ndiswrapper terasa lebih lemah daripada rt73.

aneh memang, jika menggunakan driver rt73 untuk koneksi ke jaringan infrastucture signalnya sangat bagus sedangkan untuk jaringan adhoc driver ndiswrapper yang lebih bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar