Pencarian

Selasa, 27 Januari 2009

Setting Modem Speedy

Ada beberapa macam modem speedy yang sering saya temui antara lain Sanex dan Aztech. Untuk setting kedua modem ini ternyata nggak susah susah amat, cukup dengan ketelitian dan sharing tentunya.
langkah-langkah untuk setting modem speedy Sanex antara lain :
1. Setelah anda mmemasang splitter dengan baik dan benar , satu keluaran splitter untuk line telpon, satu lagi untuk ke modem speedy.
2. Pastikan Line telpon anda sudah di aktifkan oleh pihak speedy /Telkom. hal ini ditandai dengan hidupnya lampu link di modem anda.

3. Colokan kabel Straight dari modem ke port lan pc anda. lalu atur alamat komputer /IP address dengan cara klik start menu, control panel -> klik network connection lalu klik 2x pada gambar komputer. pilih Properties lalu klik pada Internet Protocol/TCP IP lalu pilih properties yang ada dibawanya.  Pilih use the following IP address dan masukkan alamat ini 192.168.1.5dan subnet mask akan terisi sendiri secara otomatis ketika anda mengklik default gateway, masukkan alamat default gateway menjadi 192.168.1.1 dan Preffered DNS 192.168.1.1 lalu alternative DNS 202.134.0.155 setelah itu klik Ok dan ok.

Setelah itu kita masuk ke setting modem adsl nya: buka internet explorer atau browser lainnya, ketikkan alamat 192.168.1.1 karena biasanya itu adalah IP default untuk modem Sanex  atau kamu bisa melihat di buku panduannya. Masukkan username dengan admin lalu password admin, atau lihat lagi buku panduaanya.  setelah itu, kamu akan dibawa menuju halaman setting modem. Pilih menu WAN, klik pada kolom select yang ada di Current ATM VC Table. isi VPI=8 VCI =81 dan di channel mode terdapat beberapa pilihan:

  • 1483 Bridge : pilih ini jika kamu ingin dial up speedy melalui komputer kamu, yang bearti kamu menjadikan modem adsl sebagai jembatan.
  • PPoE : Jika kamu memilih ini kamu akan di minta untuk memasukkan username dan password speedy, berarti kamu harus dial up melalui modem. di Connections type terdapat pilihan antara lain : Continues : yang artinya modem akan melakukan dial up secara otomatis ketika dihidupkan. Connect On Demand : modem akan melakukan dial hanya jika diperlukan. Manual : kamu harus mendial up modem melalui menu Status -> WAN klik connect.

Untuk sekedar saran, jika kamu berlangganan speedy paket personal sebaiknya pilih channel mode 1483 Bridge, atau bisa juga PPoE dengan Connection type Manual agar speedy kamu nggak meledak bayarnya hee....

setelah selesai pilih tombol modify yang ada dibawah dan klik Commit/Reboot dan modem speedy akan merestart sendiri.


kalo modemnya tidak kamu Restart, biasanya modem akan kembali ke setting default (setting awal) ketika kamu mematikan dan mmenghidupkan modem.
Sampai disini, setting nya udah selesai jika kamu memilih channel mode PPoE tinggal mengkoneksikannya dengan internet. Untuk mengkoneksikannya dengan  Channel mode PPoE, silahkan klik menu Status lalu Connect.

Jika kamu memilih channel mode 1483 Bridge maka kamu harus membuat dial up speedy dikomputer kamu dan caranya :

 Masuk ke Control Panel, lalu Network Connection, disamping window terdapat Create a New Connection, klik next dan pilih connect to the internet lalu pilih Setup My Connection a Manually lalu pilih opsi yang di tengah yang artinya koneksi yang selalu meminta username dan password.  lalu buat Nama koneksi seperti Speedy, klik next dan masukkan Username dan Password speedy kamu, masukkan password yang sama pada Confirmasi Password, klik next dan beri check pada Add Shortcut untuk membuat shortcut speedy di desktop komputer kamu. lalu Finish dan selesai. kamu bisa mendial up speedy kamu sekarang.

Untuk modem merk lainnya saya rasa settingnya tidak jauh beda, selamat mencoba...

selamat berinternet ria...

4 komentar:

  1. top markotop. sob

    BalasHapus
  2. bos mau tanya kalo buat linux gimana cara buat dial upnya ya. kalo windows sih gampang, tapi kalo buat linux bingung nih. pernah coba ngak. mohon pencerahannya !!! terimkasih
    please email me scorpion19809@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Saya belum pernah coba sih, tp jika kamu menggunakan distro ubuntu jaunty 9.04 seperti yang saya gunakan, saya rasa sudah terdapat fitur utk DSL dial up pada Network Manager :D
    Klik kanan pada icon Network Manager, pilih Edit Connections, pilih DSL, klik add dan silahkan masukkan settingan yang diperlukan. atau melalui terminal.
    root@localhost:/home/a3m-nix# nm-connection-editor
    untuk memunculkan jendela Editor Connections. semoga membantu... :D

    BalasHapus
  4. * sedikit celoteh ;))

    saya pernah dial up dari linux ubuntu menggunakan hape merk nokia, kayaknya otomatis ngeditek tuh...
    klo dial up dari linux pake line telepon rumah sih ga' pernah coba :)) , cob a lihat di http://www.rukhin.co.cc/emrukhin/index.php?option=com_content&task=view&id=9&Itemid=2

    BalasHapus