Pencarian

Sabtu, 19 Januari 2013

Menginstall Plugin di Sublime text 2

Sublime Text 2
Ini editor yang sekarang selalu menemani saya bersama CodeIgniter.
Editor ini fiturnya sangat lengkap, view nya pun mirip dengan notepad++ yang dulu pernah saya pakai di lingkungan windows, hanya saja editor ini berbayar dan kita bisa mencoba evaluated version untuk coba-coba (walaupun sampai sekarang belum ada batasan waktu evaluasi). Sekalipun berbayar, harganya nggak terlalu mahal, $59 dan saya rasa nggak rugi koq, itung-itung membantu develop untuk tetap eksis.

Secara default, Sublime text 2 sudah layak pakai. Fitur autocomplete sudah aktif , baik untuk syntax PHP maupun word in document dan lain-lain. namun yang membuat ST2 lebih keren lagi adalah package controlnya. Dengan adanya package control ini, kita bisa menginstall aplikasi secara online (via github).

Berikut langkah-langkahnya :
install dulu package controll nya. buka sublime text editor, lalu tekan ctrl+~ lalu pastekan code dibawah dan tekan enter.

import urllib2,os; pf='Package Control.sublime-package'; ipp=sublime.installed_packages_path(); os.makedirs(ipp) if not os.path.exists(ipp) else None; urllib2.install_opener(urllib2.build_opener(urllib2.ProxyHandler())); open(os.path.join(ipp,pf),'wb').write(urllib2.urlopen('http://sublime.wbond.net/'+pf.replace(' ','%20')).read()); print 'Please restart Sublime Text to finish installation'

Langkah berikutnya, tekan ctrl+shift+p lalu ketikkan package dan cari "package controll : install package" lalu tekan entermaka sublime akan terhubung ke repository plugins.

Ketikan nama plugin yang ingin di install, misalnya, codeintel, html5 atau yang lainnnya lalu tekan enter untuk melakukan instalasi.
Berikut printscreen sublime text 2. 

Happy koding...

2 komentar: