Pencarian

Minggu, 23 Agustus 2009

Mengubah DocumentRoot Apache2 di linux

Beberapa minggu kemarin saya mencoba menginstall satu persatu kebutuhan Web Programming yang sangat sering saya gunakan, antara lain Server Web Apache, Database Mysql, PHP5 dan editor lain. Entah mengapa tiba-tiba saya tidak ingin menggunakan lampp (xampp for linux) yang sudah saya install.

Document root adalah folder utama dari web server, biasanya htdocs (xampp) atau www (wamp) di win.
di linux, default dokumen root terdapat pada /var/www/ dan saya ingin mengubah dokumen root tersebut di partisi saya yang laen *ntfs yg dulu di gunakan utk xampp (windows).

Seharunya settingan server apache ada di httpd.conf

a3m-nix@logic-desktop:~$ sudo gedit /etc/apache2/httpd.conf
dan ternyata file itu kosong, tidak ada isi.
lalu saya mencoba membaca-baca file lain di direktory /etc/apache2/ sampai akhirnya ketemu juga maksud dan tujuan saya, yaitu mengganti document root.

root@logic-desktop:/home/a3m-nix# gedit /etc/apache2/sites-enabled/000-default
#DocumentRoot /var/www
#ganti dengan
DocumentRoot "/media/Program File/xampp/htdocs"


Program File adalah nama partisi C saya yang di mounting linux di dir /media/.
xampp/htdocs adalah folder tempat file PHP saya sewaktu di windows (xampp).

setelah file 000-default disimpan, lalu restart services apache2

a3m-nix@logic-desktop:~$ sudo /etc/init.d/apache2 restart
dan Allhamdulillah. document root nya sudah berubah. :D

*Memang jadi sedikit kendala, karena saya tidak meMount partisi windows *ntfs secara otomatis, jadi saya harus memounting partisi C (Program File) milik saya jika ingin menggunakan apache2 (kan mount tinggal klik aja).
Semoga berguna...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar