Pencarian

Senin, 23 Januari 2017

Tafsir Al Fatihah surah ketujuh

Makna Ayat Ketujuh dari surah al fatihah
غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ Artinya: “Bukan jalannya orang-orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang tersesat.”
Orang yang dimurkai adalah orang yang sudah mengetahui kebenaran akan tetapi tidak mau mengamalkannya. Sedangkan orang yang tersesat adalah orang yang beramal tapi tanpa ilmu (beramal dengan kebodohan). Sehingga di dalam ayat ini tersimpan motivasi dan dorongan kepada kita supaya menempuh jalan kaum yang shalih dimana berilmu sebelum beramal.

Sabtu, 21 Januari 2017

Nasehat

Teringat perkataan seseorang :
" Ketika kita mengatakan, mendengarkan musik itu menenangkan, memberi kenikmatan bahkan ada yang sampai berderai airmata karena hanyut dengan lantunannya, maka tanyakanlah pada diri ini, Pernahkah kita merasakan kenikmatan atau ketenangan tersebut ketika mendengarkan ayat-ayat Allah Sang Pemilik Jiwa Ini ??? Pernahkan kita berderai airmata dengan penuh khusyu ketika melantunkan ayat-ayat Allah yang memiliki segala yang ada di langit dan di bumi ???
Bacalah al-Qur’an setiap hari 1 juz.
Kalau tidak mampu, bacalah separuh juz.
Kalau tak mampu, bacalah sekedar sehelai atau satu muka surat.
Kalau tak mampu, berusahalah dengan satu ayat.
Kalau tak mampu juga, cukuplah hanya dengan memandang Al-Quran dan tanyalah kepada diri sendiri "Ya Allah, apakah dosaku sehingga aku tidak dapat membaca ayat Mu?"
Astagfirullah ...

Selasa, 10 Januari 2017

Sublime Text Theme Notepad++

Tutorial ini banyak di internet, namun warnanya nggak sesuai,
Settingnya Sering lupa, jadi mending ditulis saja,
Download Themenya.
https://dl.dropboxusercontent.com/u/17884786/Notepad%2B%2B.tmTheme

Klik Preferences kemudian Browses Packages, pasterkan file yang di download tadi.

Kemudian klik Preferences kemudian Settings lalu pastikan seperti ini :
{
"color_scheme": "Packages/Notepad++.tmTheme",
"font_face": "Courier New",
"font_size": 9,
"highlight_line": true,
"ignored_packages":
[
"Vintage"
],
"line_padding_bottom": 1,
"line_padding_top": 1
}
 Pada Preferences > Color Scheme Pilih Notepad++
Klo sudah gini baru enak liatnya.

Minggu, 08 Januari 2017

Android Debug Menggunakan Wifi

Ngambilnya dari sini developer.android.com
Ini Biar tidak lupa dan repot nyari-nyari
adb is usually used over USB. However, it is also possible to use over Wi-Fi, as described here.
  1. Connect your Android device and adb host computer to a common Wi-Fi network accessible to both. Beware that not all access points are suitable; you may need to use an access point whose firewall is configured properly to support adb.
    Note: If you are attempting to connect to an Android Wear device, force it to connect to Wi-Fi by shutting off Bluetooth on the phone connected to it.
  2. Connect the device to the host computer with a USB cable.
  3. Set the target device to listen for a TCP/IP connection on port 5555.
    $ adb tcpip 5555
    
  4. Disconnect the USB cable from the target device.
  5. Find the IP address of the Android device. For example, on a Nexus device, you can find the IP address at Settings > About tablet (or About phone) > Status > IP address. Or, on an Android Wear device, you can find the IP address at Settings > Wi-Fi Settings > Advanced > IP address.
  6. Connect to the device, identifying it by IP address.
    $ adb connect device_ip_address
    
  7. Confirm that your host computer is connected to the target device:
    $ adb devices
    List of devices attached
    device_ip_address:5555 device
    
You're now good to go!

Jumat, 06 Januari 2017

Qona'ah

HARI ini hujan mulai jam 9 pagi, seorang tukang rujak numpang berteduh di teras ruko.

Beliau saya pinjamkan tempat duduk dari dalam toko. Masih penuh gerobaknya dengan buah-buah tertata rapi.

Kulihat dari dalam toko beliau membuka buku kecil. Rupanya sebuah alquran. Beliau begitu tekun dengan Al-Qurannya.

Sampai jam setengah 11 hujan tak kunjung berhenti.

Saya mulai risau karena sepi pembeli.

Saya keluar sekadar memberikan air minum kemasan dan beberapa butir kurma.

Tidak ada sedikitpun raut gelisah terlihat di wajahnya.

“Kalau musim hujan jualannya repot juga ya, Pak… ” Kataku sambil menatap gerobaknya. “Masih banyak banget.”

Beliau tersenyum, “Iya bu.. Mudah-mudahan ada rejekinya.. .” jawabnya.

“Aamiin,” kataku.

“Kalau gak abis gimana, Pak?” tanyaku penuh iba…



“Ya.. Kalau gak abis ya risiko, Bu… Kalau yang gak bisa sampai besok kayak semangka, melon yang udah kebuka ya kasih ke tetangga juga seneng daripada kebuang. Kalau kayak bengkoang, jambu, mangga yang masih bagus bisa disimpan. Mudah-mudahan aja dapet nilai sedekah,” katanya tersenyum.

“Kalau hujan terus sampai sore gimana, Pak?” tanyaku lagi.

“Ya Alhamdulillah bu… Berarti rejeki saya hari ini diizinkan banyak berdoa dan meminta sesuatu sama Allah. Kan kalau hujan waktu mustajab buat berdoa bu…” Katanya sambil tersenyum. “Dikasih kesempatan berdoa juga kan rejeki, Bu…”

“Terus kalau gak dapet uang gimana, Pak?” tanyaku lagi.

“Berarti rejeki saya bersabar, Bu… Allah yang ngatur rejeki, Bu… Saya bergantung sama Allah.. Apa aja bentuk rejeki yang Allah kasih ya saya syukuri aja. Tapi Alhamdulillah, bertahun tahun saya jualan rujak belum pernah sampai kelaparan.

“Pernah gak dapat uang sama sekali, tau tau tetangga ngirimin makanan. Kita hidup cari apa Bu, yang penting bisa makan biar ada tenaga buat ibadah dan usaha,” katanya lagi sambil memasukan Alqurannya ke kotak di gerobak.

“Mumpung hujannya rintik, Bu… Saya bisa jalan .. Makasih yaa ,Bu…” katanya sambil menutup badannya dengan plastik dan membuka payung yang menempel di grobaknya.

Saya terpana… Betapa malunya saya, dipenuhi rasa gelisah ketika hujan datang, begitu khawatirnya rejeki materi tak didapat sampai mengabaikan nikmat yang ada di depan mata.

Tiba-tiba hati yang tadinya gundah menjadi ceria, mumpung masih hujan … Masih ada kesempatan dapat berdoa di waktu mustajab. []

Rabu, 04 Januari 2017

Komponen SwingX di Java Netbeans

Komponen Swingx ini isinya banyak, sangat memudahkan kita dalam merancang aplikasi dengan java.
berikut penjelasannya. :
Contains extensions to the Swing GUI toolkit, Including new and enhanced components that provide functionality commonly required by rich client applications. Highlights include:
Sorting, filtering, highlighting for tables, trees, and lists
Find / search
Auto-completion
Login / authentication framework
TreeTable component
Collapsible panel component
Date picker component
Tip-of-the-Day component
Many of these features Eventually will be incorporated into the Swing toolkit, Although API compatibility will not be guaranteed. The SwingX project focuses on the raw components EXCLUSIVELY Themselves.

Download disini  https://dl.dropboxusercontent.com/u/17884786/swingx-all-1.6.4.jar
Cara menggunkan di netbeans, (saya pake versi 8.2)
Klik menu Tools -> Pallete -> Swing/AWT Components
Pilih New Category dan buat kategori dengan nama SwingX

Klik Add From JAR
Cari file swingx-all-1.6.4.jar yang telah di download.
Pilih semua dengan Ctrl+A seperti gambar diatas
Pilih category swingx dan Finish

Maka di bagian bawah pallete akan muncul komponen baru