Pencarian

Sabtu, 29 November 2014

AKHIRI DENGAN ISTIGFAR

AKHIRI DENGAN ISTIGFAR

Setelah kota Makkah ditaklukkan dan pondasi keislaman kokoh serta manusia masuk kedalam agama Allah dengan berbondong-bondong, Allahpun menurunkan surah An Nashr yang berbunyi:

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ، وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا، فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا

Artinya:

1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.

2. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong.

3. Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya.
Sesungguhnya Dia adalah Maha Menerima taubat. [an-Nasr/110 : 1-3]

Setelah turunnya surah tersebut Rasulullah menyadari bahwa ajalnya sudah semakin dekat dan hidupnya takkan lama lagi, itu artinya tugas kerasulan akan segera berakhir. Maka iapun memperbanyak tasbih dan istighfar, sebagaimana yang diperintahkan Allah hingga beliau meninggal dunia.

Qadhi ‘Iyadh -rahimahullah- mengatakan bahwa permohonan ampunan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tersebut merupakan cermin ketawadhuan, ketaataan dan ketundukan, serta ungkapan syukur beliau kepada Rabbnya, lantaran mengetahui dosa-dosanya sudah diampuni.

Dari sinilah kemudian para ulama menganjurkan pada setiap muslim agar beristighfar momohon ampun kepada Allah setiap saat, karena ajal mengintainya setiap saat dari berbagai penjuru. Istigfar dan tasbih juga dianjurkan untuk dibaca setelah sholat, setelah bermajelis dan lain-lain untuk menutupi segala celah dan kekurangan yang ada pada amalan tersebut.

Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim Al Harrany -rahimahullah mengatakan-:

"Seorang hamba, bagaimanapun ia bersungguh-sungguh (dalam menunaikan hak Allah) ia tetap tidak akan bisa menunaikan hak Allah sebagaimana yg telah Ditetapkan-Nya baginya.
Maka tiada pilihan baginya selain beristighfar memohon pengampunan serta bertaubat di penghujung setiap amal ketaatan."

(Majmu Fatawa 10/580)

Wallahu a'lam

_____________
ACT El Gharantaly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar