Pencarian

Minggu, 16 November 2014

3 Syarat selamat dari neraka

Kamis, 20 Muharram 1436 H
           13 November 2014 M

:: 3 Syarat Selamat Dari Neraka ::

Hal yg paling membahagiakan bg seorang hamba ialah tatkala ia bisa selamat dari kerasnya adzab api Neraka. Dlm hal ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberikan kita petunjuk supaya kita benar-benar selamat dari jilatan api Neraka :

Dlm sebuah hadits disebutkan,

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ما من عبد يعبد الله و لا يشرك به شيئا و يقيم الصلاة و يؤتي الزكاة و يجتنب الكبائر إلا دخل الجنة قال : فسألوه : ما الكبائر ؟ قال : الإشراك بالله و الفرار من الزحف و قتل النفس

Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang hamba menyembah ALLAH dan tidak menyekutukan-NYA sedikit pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menjauhi al-Kaba’ir (dosa-dosa besar), kecuali ia dijamin masuk ke dalam surga.” Perawi berkata, “Maka para sahabat bertanya. “Apakah al-Kaba’ir (dosa-dosa besar) wahai Rasulullah?.”. Beliau menjawab, “(Semisal) berbuat kesyirikan, lari dari medan pertempuran, dan membunuh jiwa (tanpa hak).”

(HR. al-Hakim dalam al-Mustadrak. Shahih)

Jadi untuk selamat dari api Neraka kita membutuhkan 3 syarat berikut ini;

1. Tidak menyekutukan ALLAH, masuk di dlmnya tidak melakukan kekufuran. Atau sederhananya mengamalkan rukun iman.

2. Melaksanakan kewajiban-kewajiban di dlm rukun Islam.

3. Menjauhi dosa-dosa besar

Apabila ketiga hal tersebut dilaksanakan oleh seorang hamba hingga ia menjumpai ALLAH, maka bisa dipastikan ia akan masuk ke dlm Surga dengan selamat, tanpa terjilat api Neraka. Berbeda halnya dengan seorang muslim yg mati dalam keadaan melakukan dosa-dosa besar SELAIN SYIRIK, maka diakhirat ia terancam masuk Neraka terlebih dahulu, sehingga dosa-dosa besarnya habis barulah ia diangkat ke dalam Surga.

Tentu setiap dari kita tidak ingin, barang sedetik pun merasakan jilatan api Neraka, bukankah demikian?. Krn adzab Neraka begitu pedih dan menyiksa.
_______________________
 
(Sumber: Pesan ini disebarluaskan oleh BB Dakwah Al-Sofwa  24C805BD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar