Pencarian

Rabu, 17 Oktober 2012

Rutinitas akhir-akhir ini

Seiring dengan rutinitas pekerjaan saya sebagai tukang jaringan dan tukang kode dan kurang lebih setahun belakangan ini mendapat amanah untuk mengajar, sekarang ada amanah baru lagi yang diberikan kepada saya yaitu menjadi pembimbing skripsi (sebenarnya ada amanah lain yaitu kuliah S2  yang mesti saya selesaikan dengan cepat dan memuaskan hehee...).

Setiap ada amanah baru tentu selalu ada tanggung jawab, pembelajaran dan pengalaman baru yang akan saya dapat.

Di pekerjaan saya sebagai tukang jaringan,
hal yang paling menyenangkan adalah dapat memberikan layanan kepada orang lain dan saya sangat suka rasa lelah ketika bekerja di lapangan ketimbang pekerjaan saya sebagai tukang kode, mikiiiiir teruss.
Baru-baru ini, bagian kerja saya (Pusat Jaringan Komputer) mendapat banyak peralatan baru, ini adalah kebahagiaan yang luar biasa bagi saya karena sebelumnya saya harus memutar otak dan try-error alat-alat yang masih bisa digunakan. Saya diminta membuat daftar peralatan yang diperlukan untuk pengembangan jaringan komputer. Beberapa alat yang saya masukkan antara lain mikrobits, switch gigabit manageable , ubnt, akses point, komputer server dan beberapa peralatan lainnya. Banyak hal yang akan *harus di pelajari (lain waktu saya curahkan di blog ini).

Di pekerjaan saya sebagai tukang kode, saya masih terus menjalin hubungan yang erat dengan PHP dan OOP melalui program-program sederhana yang saya buat :)). Ah, OOP ini sangat susah sekali mengimplementasikannya, mengubah cara berpikir dan sangat luaaar biasa. :(

Satu hal yang membuat saya cukup terhibur, saya telah membuat interface berbasis web menggunakan PHP+MySql untuk core router (mikrotik) di jaringan saya, dimana interface ini bisa digunakan oleh para asisten labor untuk bisa mengaktifkan dan menon-aktifkan internet di labor-labor komputer sesuai dengan kebutuhan pengajar (kodingnya dengan gaya semi OOP hehee). Jadi asisten labor tidak perlu login ke router saya dan saya tidak repot-repot hanya untuk menghidupkan dan mematikan internet (semoga bisa segera digunakan), benarlah bahwa teknologi itu untuk memudahkan bukan mempersulit pekerjaan kita, semoga yang lain cepat menyadarinya :D.

Dipekerjaan saya sebagai pengajar,  saya merasa sangat bersemangat untuk membagi apa-apa yang saya miliki kepada mahasiswa2, mencoba mencari literatur-literatur yang terkait dengan materi, tak henti-henti mempelajari konsep Object Oriented Programming di java (implementasinya di PHP :p), membangun aplikasi-aplikasi sederhana, belajar  bagaimana cara berinteraksi kepada mahasiswa dan terus mencari cara-cara baru untuk menjelaskan materi-materi agar bisa diterima sebaik mungkin :D (mudah-mudahan mahasiswanya tidak protes hahahaa).
Dan dari mengajar pula, saya dapat pelajaran baru, bahasa yang saya anggap paling mudah dimengerti ternyata masih sulit untuk diterima oleh orang lain. Dari sekian banyak kekurangan dibidang mengajar ini, saya rasa, saya harus mulai membuat penelitian-penelitian dibidang saya ini :D.


Dan di amanah baru sebagai pembimbing skripsi, semoga saya mendapatkan pelajaran serta pengalaman-pengalaman yang menyenangkan dan tentunya bisa membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhir mereka.

Mudah-mudahan saya bisa segera menuliskan pengalaman-pengalaman teknis di bidang jaringan dan program di blog ini :D
Keep Learn & Keep Share..

Revisi : Ternyata nggak jadi pembimbing skripsi, SK-nya direvisi hehee,.. nggak apa-apalah, mungkin memang belum saatnya, sekarang saya bisa mulai bercengkrama lebih intim lagi dengan tamu baru saya yang diberi nama "himura" : sudo apt-get upgrade

2 komentar:

  1. Luar biasa bg aem-nix, sukses slalu kwn dlm pengembangan2 nya, tulisan ini membuat saya malu dengan bnyaknya ketidaktahuan krena kemalasan, smoga tulisan ini menginspirasi semua org, khususnya mahasiswa campus pink, ayoo ikuti jejak sang Dosen Aem-Nix, ditunggu share tentang jaringannya bro,
    "Keep Learn dan Keep Share"

    BalasHapus
  2. hehee.... Sukses selalu jg untuk bro adhi sawank, lamo dak basuo, salam forkomers :D.... Keep Learn & Keep share...

    BalasHapus