Pencarian

Senin, 02 Januari 2012

Nautilus too slow

Inilah keyword yang selalu mengganggu saya selama beberapa bulan ini, yapz, nautilus terlalu lambat membuka folder home, Documents dan folder lainnya di ubuntu 11.10 also know as oneiric.

Sudah banyak sekali artikel yang saya cari di google hingga pada akhirnya saya tertuju pada permission dan owner file. Ada apa dengan permission atau yang kita dengan chmod dan chown ?

Pada Linux ubuntu yang ada laptop saya, saya memisahkan  antara partisi root directory (/) dan home directory (/home) dengan tujuan semua file-file data baik kerjaan maupun lain-lainnya saya simpan di /home/user/ dan tidak ikut terformat ketika saya ingin melakukan fresh install. Jadi saya cukup memformat partisi untuk root (/) saja.

Yang jadi permasalahan, saya tidak melihat permission dan owner folder ataupun file yang ada pada folder /home/user/.
dan Setelah saya cek (entah kenapa malam ini kepikiran) ternyata ada cukup banyak owner maupun group pada folder ataupun file-file tersebut berubah menjadi postgres. ??? kenapa postgres ?? kan seharusnya a3m-nix karena file atau folder ini terdapat di folder milik user a3m-nix.

Dan entah dari mana saya kepikiran bahwa inilah mungkin yang membuat nautilus cukup sulit untuk membaca file-file ini sehingga menyebabkan nautilus menjadi cukup lama membuka folder. Mungkin saja nautilus mencoba membaca file atau folder ini dan ternyata nautilus tidak memiliki akses (terlihat loading dan count yang dilakukan nautilus terlalu lama.

Dan akhirnya, saya putuskan untuk merubah semua owner maupun group menjadi user saya yaitu a3m-nix.

$ sudo chown a3m-nix.a3m-nix /home/a3m-nix/ -R
lalu saya juga memberika hak akses untuk folder dan file tersebut .
$ sudo chmod 775 /home/a3m-nix/ -R

Dan setelah relogin, akhirnya nautlis menampakkan wujud aslinya. tidak ada too slow lagi meskipun membuka folder di /usb/sbin/

Happy Linux... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar