Pencarian

Senin, 12 September 2011

Lanmap Network mapping di ubuntu 10.10

Menghilangkan kejenuhan karena terus menerus harus berurusan dengan koding PHP akhirnya saya beralih lagi ke terminal :)).
Dan belakangan ini saya sangat membutuhkan aplikasi-aplikasi yang bisa memudahkan saya dalam melakukan mapping network dan google pun kembali menjadi tempat bertanya yang luar biasa :D.
Dari beberapa referensi yang saya dapat, lanmap salah satu tools yang dapat saya gunakan, Ok, let's share...

Lanmap, tools yang baru-baru ini saya coba di ubuntu 10.10 meskipun dari beberapa referensi yang saya dapat tools ini hanya sampai ubuntu 8.04, artinya dukungan untuk versi diatasnya tidak ada lagi.
Lanmap cukup membantu saya dalam melakukan network mapping dan outputnya pun berupa gambar.
Install paket pendukungnya

$ sudo apt-get install libpcap-dev libsqlite3-dev gcc graphviz php5-cli php5-sqlite sqlite3
Download aplikasinya disini
Lalu install seperti biasa
$ sudo dpkg -i lanmap_0.1+svn20060307-2ubuntu1_i386.deb
Jalankan dengan perintah
$ sudo lanmap -i eth0 -r 10 -T png -o /home/www/
Setelah menunggu beberapa detik lihat hasilnya di /home/www/ dengan nama file lanmap.png
dan seperti biasa lagi, untuk melihat apa saja yang bisa dilakukan dengan lanmap, gunakan opsi -h

Sekedar tambahan, dalam mendeteksi host sepertinya lanmap memanfaatkan paket tcp syn, dan paket ini terkadang di blok di router untuk alasan keamanan karena proses scanning juga memanfaatkan paket ini cmiiw...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar