Pencarian

Sabtu, 14 Agustus 2010

Kerja Praktek "Analisa dan Perancangan Aplikasi e-business Pada Koperasi Karya Bersama Jambi

Akhirnya kp (kerja praktek) kelompok saya selesai walaupun belum tau gimana nilai nya nanti tapi paling nggak banyak banget pelajaran yang bisa diambil. review mode On

Judul pembahasannya adalah Analisa dan Perancancangan Aplikasi e-business Pada koperasi Karya Bersama Jambi.
Dari proses analisa-analisa yang berliku-liku tersebut akhirnya dirancanglah suatu aplikasi simpan pinjam pada koperasi karya bersama jambi.
Perancangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman php yang dikolaborasi sedikit dengan teknologi ajax serta menggunakan database mysql dan juga banyak menggunakan script autocomplete milik YUI (Yahoo User Interface) yang saya nilai cukup efektif menggantikan list menu.


Dalam perancangan aplikasi ini saya dan teman-teman mencoba membangun dengan modul-modul yang nantinya dihubungkan oleh satu script.
Pada awalnya memang terasa cukup sulit (karena sekalian belajar konsep OOP) namun allhamdulillah sudah lumayan mengerti dan seperti biasa akhirnya terlihat begitu banyak kekurangan disana sini setelah semuanya jadi hehee...

Memang aplikasi ini bukan yang pertama kali saya bangun, karena dulu juga pernah membantu beberapa teman untuk menyelesaikan tugas akhir walaupun dulu masih menggunakan php murni tanpa ajax dkk.

Setelah aplikasi ini hampir selesai (karena sekarang mulai banyak lagi yang mau ditambah :D ) akhirnya saya dan teman-teman menyadari diperlukannya masukkan-masukkan dan improv dari user yang akan menggunakan program agar dapat menghasilkan rancangan input dan output yang sesuai dengan keinginan. Di perlukan proses analisa yang fix yang menyangkut segala aspek dan entitas serta proses agar tahap analisa dan perancangan dapat berjalan dengan baik.

Proses analisa dan perancangan menggunakan alat bantu seperti DFD, flowchart, kamus data dkk akhirnya saya sadari memang sangat membantu dalam tahap perancangan coding namun imbasnya ialah dibutuhkan waktu yang cukup lama (apalagi menyangkut syarat-sayarat penulisan ilmiah) hingga akhirnya bisa menjadi suatu aplikasi yang di inginkan.

Proses Coding pun tak kalah ribetnya, dengan konsep yang tidak pasti yakinlah kita akan bingung akan memulai dan mengakhiri dimana. Awalnya saya ingin membangun aplikasi ini menggunakan php dan
teknologi ajax murni sehingga tidak dirasakan refresh browser oleh user, namun setelah ditemui kendala disana sini akhirnya ajax hanya sebagai pendukung *takut nggak tepat deadline.

Konsep module pun harus memiliki standarisasi agar nantinya tidak kesulitan dalam proses error tracking, hal ini meliputi nama file, nama class, function, nama tabel serta lain-lainnya.

Integritas data pada tabel-tabel di database juga menjadi perhatian yang serius, dan tidak semua module terdapat proses delete ataupun update.

"Intinya ialah memang masih banyak yang mesti dipelajari karena ilmu tidak akan pernah berhenti sampai disini, disana atau dimana saja :D"

Special thanks to:
Nia mwanizz yang terus memberikan support, miss U :)

joni14jbi yang udah bantu untuk DFD & Flowchart and all about penulisan *pening liat tanda panahnya :(.

Yuni Lestiana yang udah mau meluangkan waktu untuk berdiskusi dalam tahap analisa nya, ngerepoti terus ya hehee.

Bambang Agus Haryanto/g4t0tk4c4 untuk konsep pemrograman walaupun yang ane buat masih lumayan berantakan (kapan2 kita ribut bahas ajax lagi haaahaa).

Pak syafaruddin, bang romzi dan karyawan/i koperasi karya bersama yang tidak pernah bosan-bosan saya tanya tentang konsep koperasi, saldo piutang, neraca dlsb.

Rina & Aniq untuk Team KP ny, ntar kalo tertarik mau belajar konsep pemrograman aplikasi ini kita bahas lagi, maybe next time for skripsi dll.

toharbombas yang udah boleh saya melihat hasil TA nya pake ajax meskipun hanya kenal via internet, jadi terinspirasi neh...

agus riyanto yang udah jemput pagi-pagi *hahaaaa.. selalu sama her.....
Semua teman-teman di logic community (logic crew's) atas masukan, waktu dan kesempatan untuk belajar serta memahami, Keep Share..

Sekarang lagi mikir ntar skripsi nggak mau bahas analisa dan perancangan program lagi dah, ampuuuuun penulisannya :)) :)) :)).

1 komentar:

  1. :))

    jadi pas sidang maren dijemput kak agus yoh, pantes bareng..............

    BalasHapus