Pencarian

Selasa, 05 Januari 2010

Upgrade Ubuntu Jaunty ke Karmic antara Desktop dan Alternate

Upgrade Linux ubuntu 9.04 jaunty menjadi ubuntu 9.10 karmic koala
Tidak banyak permasalahan yang saya temui setelah proses upgrade ke karmic koala selesai.
Awalnya saya tidak terpikir untuk upgrade ke karmic karena saya sudah sangat merasa nyaman menggunakan Jaunty Jackalope. tapi setelah dipikir2 dan mendengar masukan dari teman-teman akhirnya go to Karmic juga.

Satu hal yang cukup membingungkan saya pada saat proses upgrade adalah file ISO linux ubuntu.

Saya ingin upgrade melalui file iso karena waktu itu koneksi internet saya tidak cukup cepat untuk upgrade via Internet, dan kebetulan ada ISO Linux nya.
setelah melihat beberapa referensi, maka saya mencoba langkah2 berikut:
1. Mount file iso dengan perintah sudo mount -t iso9660 /media/data/ubuntu-9.10-desktop-i386.iso /media/cdrom0
2. setelah itu jalankan perintah gksu "sh /cdrom0/cdromupgrade" melalui terminal atau dengan menekan Alt+F2.

beberapa kali saya coba cara diatas tidak menghasilkan apa-apa.
dan ternyata oh ternyata, saya salah mengartikan file iso yang digunakan untuk proses upgrade.
Dari perintah kedua saya simpulkan harusnya ada file yang bernama cdromupgrade pada ISO nya (drive cdrom) dan ternyata pada ISO saya(driver cdrom) file tersebut tidak ada (kan bukan alternate :D ).

akhirnya mulailah saya mencari tau apa perbedaan antara tiap CD Distro linux Ubuntu yang dari dulu juga bikin saya bingung, koq ada alternate trus desktop gt.

dan rupanya
Desktop itu berupa Live CD sehingga bisa dipakai kalau mau mencoba-coba, menjalankan ubuntu tanpa harus instalasi. Untuk menginstall menggunakan CD Desktop juga membutuhkan RAM yang besar karena pada proses instalasi CD Desktop juga menggunakan GUI, yang cukup menghabiskan resource memory.

Sedangkan versi Alternate itu bukan berupa Live CD sehingga tidak bisa dipakai untuk coba-coba. Installer yang disertakan merupakan installer berbasis teks sehingga lebih cocok jika ingin menginstal di komputer dg spesifikasi rendah. CD Installer juga berisi paket-paket *.deb mentah dan bisa dipakai untuk upgrade.

Yapz, begitulah referer yang saya dapat di internet, proses upgrade yang saya lakukan menggunakan CD versi Desktop dan wajar saja tidak bisa (mungkin ada yang bisa :D).

Dan setelah koneksi internet saya cukup cepat, akhirnya saya memutuskan untuk download ubuntu versi alternate yang memakan waktu hampir 1 jam :D (nambah2 koleksi ISO).

lalu mulailah proses upgrade, saya tinggal merubah perintah pertama menjadi
sudo mount -t iso9660 /media/data/ubuntu-9.10-alternate-i386.iso /media/cdrom0 -o loop

dilanjutkan dengan
gksu "sh /cdrom/cdromupgrade"


dan tinggal mengikuti langkah-langkah berikutnya.
dikarenakan koneksi internet saya sedang Ok, maka proses upgrade juga langsung melalui repo online, Full Upgrade dah :D

Setelah selesai, tinggal restart dan ditambah rasa cemas sedikit :) dan rupanya hanya terdapat sedikit permasalahan yaitu pada Driver VGA Ge Force 7300 GS yang kelihatannya belum berkenalan dengan kernel yang baru.
Sebelum menginstall driver NVIDIA, saya hapus terlebih dahulu driver NVIDIA yang ada dengan cara masuk ke mode text
Alt+Ctrl+F2
login dan hapus dengan perintah nvidia-uninstall
setelah itu matikan services gdm sudo /etc/init.d/gdm stop
lalu install driver NVIDIA versi terbaru
sudo sh NVIDIA-Linux-x86-190.42-pkg1.run

dan ikuti langkah berikutnya.
dan jalankan kembali service gdm sudo /etc/init.d/gdm start
dan Welcome Karmic koala :D

Tidak terdapat banyak perubahan, dan yang paling saya sukai adalah Ubuntu Software Center yang sangat memudahkan kita dalam memilih aplikasi berdasarkan kriteria.

Pada proses Upgrade ternyata juga ikut menghapus mysql-server milik saya dan saya harus install lagi, untung koneksi internet idle di 248 KB/s heehee...

Pada Network Manager juga terdapat perubahan yaitu icon wireless yang menggunakan bar, jadi mirip2 win gt :D

dan pada Authentication, tidak saya temukan remember this session yang artinya saya harus terus memasukan password jika ingin membuka drive atau melakukan administrative system yang membutuhkan priviledge root (ntar pengen di ubah biar nggak perlu pake authen lagi dah :D).

Versi firefox terbaru di karmic juga terasa lebih stabil dari sebelumnya.
dan ada empathy untuk internet messenger walau saya tetap setia dengan pidgin.

Untuk theme desktop saya lebih prefer pada theme linux mint, yang saat ini mata saya cukup akrab dengan warna hijaunya. dan login screen serta usplash saya ganti karena saya senang dengan kesederhanaan usplash milik karmic, sederhana tapi terkesan mewah.

Walaupun baru beberapa jam mencoba karmic, tapi saya merasakan cukup stabil dan nyaman, tentunya dengan karmic koala full upgrade :D

dan akhirnya bye-bye Jaunty jackalope, Welcome Ubuntu 9.10 Karmic koala

Saya cukup ragu untuk melakukan upgrade karena pernah mendengar kira-kira seperti ini:
"Tidak semua teknologi baru itu lebih bagus dari yang lama."
Lalu saya putuskan untuk upgrade setelah berberapa hari mempertimbangkan perkataan seorang yang telah lama menggunakan linux ubuntu (Thanks pak mauladi :D ) :
"Apalah artinya sedikit perubahan dibandingkan stabilitas yang akan kita rasakan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar