Pencarian

Minggu, 16 Agustus 2009

Menghapus proxy dari apt

Masalah mulai berdatangan, setelah saya putuskan untuk mencoba ubuntu jaunty 9.04, mulai dari koneksi wireless ad hoc yang sering lost signal jika menggunakan driver rt73usb milik linux ataupun internet yang melemot hanya di browser.

nah, kali ini internet saya macet bukan di browser lagi tapi di terminal dan synaptic packaged manager, entah mengapa tiba-tiba saja kecepatan internet saya turun drastis, yang seharusnya 30-45 KB/s malah menjadi 10 KB/s ke bawah.

setelah di amati dengan tidak terlalu cermat :D, ternyata komputer saya melalui proxy jika menggunakan terminal atau synaptic, ini terlihat dari setiap kali saya mencoba update atau install package dari repository, ubuntu selalu menghubungi IP 41.210.252.11 (Connecting to 41.210.252.11).
saya juga tidak tau kenapa tiba2 proxy nya terkonfigurasi sendiri, padahal nggak pernah di setting.

saya cek di Network proxy, udah Direct Internet Connection
lalu saya coba melihat konfigurasi proxy untuk apt di
sudo gedit etc/apt/apt.conf
ternyata terdapat list berikut
Acquire::http::proxy "http://41.210.252.11:8080/";
lalu saya hapus file apt.conf
sudo rm /etc/apt/apt.conf.
dan restart kompie, so masalah terselesaikan. :D
Semoga membantu...

2 komentar:

  1. saya sudah ngikutin buat hapus file apt.conf nya mas,, tp ko tetep saja ketika apt-get update , ubuntu tetep aja nyari proksi.. padahal koneksi internet dh ga pake proksi... :( mohon pencerahannya mas... settingan proksi sudah directly to internet , settingan di synaptic nya juga

    BalasHapus
  2. mungkin koneksi internet nya memang diarahkan ke proxy terlebih dahulu oleh ISP nya. cek IP proxynya punya siapa.
    coba d lihat lagi file apt.conf nya, kalau masih ada hapus lalu restart. semoga membantu :D

    BalasHapus