Pencarian

Selasa, 17 Februari 2009

Mengubah ekstensi .php di apache

Ini untuk sekedar refresh aja, nggak perlu di lebih-lebih kan hee...
kalo kamu sedikit bosen pake ekstensi .php maka kamu bisa mengubah ekstensi tersebut sesukan hati kamu (jangan yang aneh2 aja). Misalnya file index.php di ubah menjadi index.nix atau index.lc dll...

caranya gampang :
Matikan WebServer apache kamu melalui klik start menu -> all program -> Apache friends -> xampp dan klik pada Xampp control panel (untuk yang make xampp).

klik stop pada Apache Running.
Setelah itu, cari file httpd-xampp.conf yang terdapat di C:\xampp\apache\conf\extra
di AddType application/x-httpd-php masukkan ekstensi yang kamu inginkan misalnya .nix .lc seperti pada gambar:

sampe sini, kamu sudah bisa membuat file dengan ekstensi .nix atau .lc , tapi untuk lebih mantep lagi, kamu edit lagi file httpd.conf yang terdapat di C:\xampp\apache\conf tambahkan index.nix dan index.lc pada DirectoryIndex yang terdapat di antara dan seperti pada gambar :

setting ini berguna agar browser dapat membaca file index.lc atau index.nix ketika pertama kali mengakses direktori (folder tempat file tersebut).
lalu simpan dan tutup kedua file tadi. Jalankan kembali WebServer Apache kamu melalui xampp control panel atau restart kompie kamu.

dan coba sebuah file index.lc dengan isi:
echo "Ekstensi gue yang baru neh";
?>
simpan file tersebut di htdocs kamu dan coba akses dari browser:
dan jrengg-jreng...

kamu sudah berhasil membuat script php tanpa ekstensi .php hee...he....(Sombong mode On).

Nah, untuk masalah upload file tersebut di webhosting, masih sangat jarang sekali saya jumpai webhosting yang mengizinkan kita untuk mengedit file -file yang berhubungan dengan Configure WebServer tersebut (mungkin nggak ketemua aja yah).
hmmm...jadi untuk refresh aja dah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar